Jumat, 16 Desember 2011

10 Bangunan Miring di Dunia


Ternyata bangunan yang miring di dunia ini bukan hanya menara Pisa di Italia, hal ini terjadi pada bangunan-bangunan lain di dunia,  beberapa bahkan melebihi kemiringan Menara Pisa yang 3 derajat.

1. MENARA MIRING SUURHUSEN
Suurhusen adalah sebuah desa di utara Emden di wilayah Jerman, Frisia Timur. desa ini memiliki sekitar 1200 penduduk dan dikelola secara administratif oleh kotamadya Hinte.  Menara dari gereja Suurhusen, yang cenderung menyudut pada kemiringan 5,19 derajat,  adalah menara yang paling miring di dunia,  diakui secara resmi oleh Guinness Book of World Records sejak tahun 2007

2. MENARA MIRING BEDUM
Menara Bedum di gereja St Walfridus setinggi 36 meter telah dihitung mempunyai sudut kemiringan yang lebih besar daripada menara miring Pisa. Jika kedua menara tersebut sama tinggi,  menara Bedum akan mempunyai perpindahan yang lebih besar yaitu 6 cm

3. MENARA MIRING CHESIRE SELATAN
Menara miring dari bekas Gereja St Chad, juga dikenal sebagai ‘Menara Miring Cheshire Selatan’ dan menara gantung dari Wimberie’, terletak di desa Wybunbury. menara setinggi 29,3 m adalah sisa-sisa akhir abad kelima belas gereja tersebut yang dihancurkan pada tahun 1833. Menara ini distabilkan menggunakan teknik pengangkatan dari bawah oleh James Trubshaw pada tahun 1832, inilah yang dikenal paling awal dalam menerapkan teknik ini, yang juga digunakan untuk menstabilkan Menara Miring Pisa

4. MENARA MIRING MADRID
Menara Miring Madrid, Spanyol – Berdiri sebagai dua bangunan yang paling mengesankan, menara ‘Gerbang ke Eropa’, dianggap sebagai bangunan modern miring tinggi pertama di dunia (115 m masing-masing). Dibangun pada tahun 1996 oleh Philip Johnson dan John Burgee dengan kemiringan 15 derajat.

5. MENARA MIRING BARCELONETA
Masih di Spanyol, kali ini di Barcelona Menara Miring Barceloneta-sedikit lebih modern seperti bangunan menara, terbuat dari kubus yang dimiringkan di pantai Barceloneta.

6. MENARA MIRING TORUN
Menara Miring di Torun, Polandia – jelas lebih kecil daripada yang di Pisa, Menara Torun adalah menara Romawi sederhana yang mulai miring setelah pembangunannya selesai karena dibangun diatas tanah yang tidak stabil.

7. MENARA MIRING SHIRAZ
Menara Miring Shiraz – Benteng Karimkhan dari Shiraz, Iran – menara ini dibangun selama dinasti Zand dan dinamai Karim Khan, dan berfungsi sebagai tempat tinggalnya. Bentuknya menyerupai benteng dari abad pertengahan

8. MENARA MIRING HULUDAO
“Menara Miring Pisa” dari Cina – Dibangun di jaman Dinasti Liao, menara miring di Huludao, timur laut provinsi Liaonin di Cina ini hampir 10 meter tingginya dan memiliki kecenderungan miring 12 derajat ke arah timur laut. Menara ini telah mengalami kerusakan akibat berbagai gempa dan banjir, tapi tetap utuh.

9. MENARA MIRING LIUZHOU
Menara Miring di Liuzhou – berada di daerah otonomi Guangxi Zhuang di selatan Cina. Sebuah menara lonceng yang miring di daerah pemukiman di Liuzhou. Pembongkaran menara sebelumnya gagal membuatnya miring.

10. MENARA MIRING INWA
Menara Miring Inwa, Myanmar, 90 kaki tingginya – tembok tinggi Menara Pengawas (Nan Myint) benar-benar hancur pada tahun 1838 oleh gempa bumi, sisanya ada sampai hari ini dengan sudut kemiringan yang tampak sangat berbahaya.
sumber:http://www.langitberita.com/top-lists/31687/10-bangunan-miring-di-dunia/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar