Jumat, 06 April 2012

IBU kaulah pondasiku tuk bermanfaat bagi banyak orang

Kalau kurang jelas atau terpotong bacaannya silahkan kunjungi link berikut









Assalamualaikum Agan/Sista
Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia
Amin… Amin… Amin…

SIMAK DAN AMBIL HIKMAHNYA

PERKENALKAN


Quote:
Sebelumnya perkenalkan ane dulu nih, seperti kata pepatah “Apabila tak Kenal Maka Tak Sayang”, ane Randy Eryll Endarwan Seorang Siswa SMK Telkom Jakarta yang lahir di Jakarta 19 April 1994 (Masih 17 tahun gan pada saat Thread ini di buat)  masih kelas 12 SMK Loh hehehe…

KASKUS ITU APA YA ???


Quote:
Ane kenal kaskus itu udeh lama sih gan sekitar awal masuk SMK Telkom  ane Cuma tau tuh Kaskus itu kan komunitas terbesar di Indonesia !!!, Kaskus itukan tongkrongannya anak muda jaman sekarang !!! dan Kaskus itu kan tempat orang sharing pengetahuan dan ilmu sama sama !!!.

Hanya itu aja yang ane tau tentang kaskus dan ane ngaskus kala itu hanya untuk liat Hot Threadnya aja dan Forum Komputer tentunya karna ane Jurusan TKJ di SMK Telkom. Waktu demi waktu berlalu temen ane banyak yang membicarakan kaskus sehinnga ane jadi tertarik buat daftar di kasus dan akhirnya lahirlah ID ane yang pertama yaitu RYLLSYSTEM. 

RYLLSYSTEM itu apa sih ???  sedikit intermezzo aja RYLLSYSTEM itu adalah impian ane untuk menampung karya karya anak bangsa dalam pembuatan Software Open Source hehe (Walau yang ngejalanin Cuma ane dan adik ane aja) dan Alhamdulillah RYLLSYSTEM sudah berhasil membuat software bertaraf Internasioanal yang sudah mempunyai lisensi dan hak distribusi dari Softpedia.
Udah segitu aja Perkenalan ane dan Intermezzo ane hehe…

 KITA TO THE POINT Nyoook……... 

AWAL MULA BERWIRAUSAHA


Quote:
Naluri sebagai seorang wirausahalah yang membawa ane seperti sekarang ini, pada awalnya ane gak pernah mengimpikan mencoba memulai menawarkan sesuatu kepada orang lain untuk di perjual belikan. Ketika itu periode PKL 2011/2012 di mulai ane di tempatkan PKL di salah satu Perusahaan Telekomunikasi Satelit di Cikarang pada bulan Juli 2011, betapa letih dan lelahnya ane PKL di sana harus pulang pergi Jakarta – Cikarang dengan mengendarai sepeda motor sampai di Tebet dan lanjut lagi naik Bis karyawan untuk sampai ke kantor  . Tapi ini bukan masalah yang terpenting adalah ilmu yang di dapat disana.

Waktu pun terus bergulir selain ane puas dengan ilmu yang di dapat di sana, ane juga sangat senang karna speed untuk download di sana mencapai 12 Mbps  wooow….. speed yang cukup cepat untuk ane gan, di tambah lagi pembimbing ane bilang kalau mau download jangan tanggung tanggung di sini gak pakai quota sedooot aja cuuuy…

Mendengar kata tersebut mulailah ane coba download mulai dari tutorial hacking hingga tutorial lainnya, awalnya sih buat di pelajari sendiri aja tapi tiba tiba ane dapet bisikan Ghoib di WC  untuk menjual apa yang sudah ane download aja.

Bisikan tersebut mulai membuat ane menjual tutorial hacking itu via FJB kaskus dan Wooow ternyata baru bikin Thread abis shalat Dzuhur pas ngecek Hp di bis pas balik sudah ada 3 Orang yang nanyain produk ane Subhanallah  Hebat sekali Kaskus.

Mulai dari situlah ane melihat prospek yang sangat besar di Kaskus sembari mempelajari apa saja sih yang di jual agan agan dan sista sista di kaskus terutama FJB sub CD/DVD mulailah ane tengak tengok dan selagi ane bisa download ane download lah untuk di jual kembali.

Sempat  bingung juga mau taro di mana nih hasil download alhasil ane beranikan mengambil resiko membeli Harddisk 2TB dari uang hasil ngojek jajanan pas SD + hasil usaha bikin gelang gelangan pas SMP + hasil jualan komponen elektronika (resistor, transistor dkk)  untuk membeli Harddist 2 TB tersebut.

PKL pun sudah memasuki masa masa kadaluarsa tanpa ane sadari ternyata hasil download ane sudah lebih dari 2 TB dan mulailah ane membuat folder folder khusus di Harddisk untuk jualan dan langsung tancap gas untuk jualan di kaskus sembari tetap belajar di Sekolah seperti biasa dan tidak lupa melakukan riset pasar FJB juga tentunya.

PONDASIKU TUK BERTARUNG PADA KERASNYA HUTAN BELANTARA FJB KASKUS


Quote:
Yah mungkin ada yang bertanya mengapa ane ngojek jajanan pas SD (cari duit sendiri pas SD).

“Ane adalah seorang yang dapat bertahan tanpa di beri uang untuk jajan sepeser pun  dari SD-SMP-SMK hingga sekarang dengan keluarga ane yang terbilang menengah ke atas”

Berawal dari situlah ane memberanikan diri untuk tidak gengsi dari kelas 3 SD (umur 8 tahun) untuk mulai ngojek jajanan dan berjualan ala kadarnya walaupun ane sekolah di sekolah yang dapat di bilang Elit dan bergabung dengan temen2 dengan taraf ekonomi menengah ke atas.

Begitu juga SMP dan SMK ane masih setia pada kata “BERJUALAN” walau sering di caci di hina bahkan di rendahkan martabat ane tapi ane tetap tegar dan sabar dan yakin pada apa yang ane jalani karna  sesungguhnya ane tidak seperti mereka yang hanya meminta pada orang tua dengan memudahnya tanpa tahu betapa kejamnya dunia ini dan betapa susahnya mencari uang.

Sambil merenung di WC (tempat favorit ane kalo merenung)  sempat terlintas di pikiran ane untuk memperluas target pemasaran dan penjualan di kaskus dari mulanya tutorial computer hingga menjual film, anime, dorama dan berbagai macam hal terkait dengan data digital.

Tak hanya itu yang membuat ane kuat pada suatu ketika ane juga bermimpi di mana di situ ibu ane  menangis karna derita batin yang beliau rasakan pesan yang ane ingat kala itu adalah
“Jadilah orang yang bermanfaat untuk orang lain serta gunakanlah ilmumu dan hartamu sebaik mungkin”.

Dan ternyata itu adalah suatu rentetan cerita yang membuat ane tercengan pada suatu saat ibu ane menangis  dan ane tak sangka beliau berkata belajar yang bener ya nak jangan seperti bapakmu yang sudah tidak benar mencari jalan pintas untuk menjadi kaya dan main perempuan ibu sudah sakit “Jadilah Orang yang Sukses dan bermanfaat untuk orang lain”

Walau demikian ane tetap sabar  menghadapi ayah ane dan sampai sekarang Alhamdulillah keluarga ane masih baik baik saja bahkan sudah terjadi kerukunan dan saling pengertian satu sama lain. Itu adalah tamparan terkeras buat ane yang semakin membuat ane semakin yakin bahwa ane akan memberikan manfaat bagi banyak orang adalah dengan berwirausaha suatu saat kelak.

PERTARUNGAN YANG TAKKAN PERNAH MEMBUAT ASA KU PUTUS

Quote:
Ibu pernah berpesan berdaganglah yang jujur  jangan pernah putus asa dan minder  . Ingat 9 dari 10 pintu rezeki yang di berikan tuhan ada pada bidang perniagaan. Berangkat dari pesan tersebuat dan pengalaman ane di atas ane semakin memberanikan diri untuk menjalankan bisnis tak hanya Data Digital Saat ini tapi juga sudah merambah ke Kosmetik dan jasa pembuatan Blog / Toko Online.

Perlu di ketahui juga gan/sist ane usaha dari 0 dengan modal full sendiri tanpa di ketahui oleh ayah ane dan hanya ibu dan kedua adik ane saja yang tahu. 

Waktu terus berjalan dan Alhamdulillah dalam waktu usaha serius dari bulan Agustus hingga sekarang Omset ane sudah lebih dari 20 Juta rupiah dan berjalan ke angka 30 Juta rupiah  sekarang. Dengan Pelanggan sudah lebih dari 380 orang. Kepercayaan, kejujuran lah yang telah membuat ane mencapai ke dua angka tersebut.

Duka pun juga menyelimuti usaha ane mulai dari harus mulai mensetting waktu antara belajar dan berjualan, memberikan pelayanan terbaik pada pembeli dan tidak lupa juga mengedepankan kualitas barang. Sering ane di kritik karna pengiriman barang lama  tapi ane selalu meyakinkan mereka kalau kondisi ane seperti ini dan senang sekali ane mereka semua dapat memakluminya.

Intinya jangan pernah mau kita kalah dengan kondisi, dan yang dapat ane tarik dari pengalaman ane selama berjualan di  kaskus adalah :

1. Janganlah kondisi mengalahkan kita terutama waktu dan kegiatan. Jujur gan ane sekolah dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore terbukti ane tetap bisa menjalankan usaha ini dan tetap menempati ranking teratas di kelas dan sempat memperoleh nominasi terbaik dalah hal ini itu di sekolah terlebih lagi ane sudah harus menghadapi ujian nasional dalam waktu dekat ini.
2. Manfaatkanlah waktu dengan sebaik baiknya terutama dalam pembagian antara waktu kita bekerja dan menjalankan usaha.
3. Pelayanan harus terdepan dan di ikuti juga dengan kualitas barang dan ketepatan waktu pengiriman walaupun ane sering bermasalah dengan waktu pengiriman barang.
4. Aturlah keuangan kita seoptimal mungkin walau terkadang ane sendiri suka lupa mana uang usaha dan mana uang untuk beli Gado Gado hehe…

Tak jarang pula banyak teman ane yang tahu kanapa Loe bisa kaya gini punya otak encer buat dagang gak malu gak minder modal gimana trus ngatur waktu gimana ???
Satu kalimat dari ane

“ACTION dulu masalah kita hadapi sambil belajar dari pengalaman”

Mendengar kalimat tersebuat tak sedikit teman ane yang ingin memulai menjadi wirausaha seperti ane walau belum besar sekali. Dan banyak temen ane yang mempercayakan ane sebagai mentornya dan juga sebagai motivator mereka dalam memulai bisnis mereka  .

Sampai sampai begitu seriusnya ane cerita dan memaparkan pengalaman ane walau masih seumur jagung (7 bulanan) sebagian besar dari mereka mau berwirausaha, dari yang tadi bilang “Gue mau kerja di perusahaan besar pas lulus dari sini”, “Gue harus masuk Universitas ternama seperti UI, ITB, UGM dll”

Ane Cuma bisa bilang “Masih mau jadi orang gajian yang bila ada PHK secara sepihak dari perusahaan kalian akan kelimpungan mencari kerjaan baru”  dan “Universitas tidak menjamin kesuksesan anda di masa depan, jika kalian sudah masuk universitas yang anda inginkan mulailah berwirausaha juga agar ketika kalian lulus dan lapangan pekerjaan semakin sulit di cari kalian telah memiliki usaha kecil yang dapat kalian kembangkan menjadi usaha yang besar”

Mendenganar ucapan ane tadi hampir semua teman ane bilang “Gua yakin Ryll suatu saat nanti lu akan jadi orang yang banyak member manfaat bagi orang lain” 

SEMAKIN BANYAK MASALAH KU HADAPI SEMAKIN KOKOH RAGA INI BERDIRI


Quote:
Semakin ane kuat gan karna semakin sering ane manghadapi masalah semakin banyak belajar juga ane di tambah Support dari ibu ane tercinta dan support dari temen temen ane gan.

Ane pernah berjanji gan pada diri ane gan, Bu walau kondisi batin ibu sakit karna ayah, rendi tau bu suatu saat nanti jika rendi sudah mempunyai TOKO ONLINE TERBESAR DI INDONESIA yang berafiliasikan HOME BASE INDUSTRY rendi akan memberangkatkan ibu naik haji bu. 

Mungkin jika ibu ane denger kata kata ane meneteslah  air mata dari mata beliau tapi itu masih lama gan rencana ane yang terdekat adalah ane akan menghadiahkan ibu ane HP Beri Beri atau Blackberry tepat pada ulang tahunnya yang ke 43 pada 8 Maret 2013.

Semakin kuat saja ane karna bertekad memberangkatkan ibu naik haji dan memberikan hadiah yang berkesan dari ane di tambah dengan dukungan dari pelanggan ane dan teman teman ane.
Secara tidak sengaja pula terlintaslah pikiran positif ane lagi lagi dari WC gan ada apa dengan WC orangmah cari inspirasi di Pantai ke, Pegunungan ke Mall ke ini mah di WC kampong banget yah ane wkwkwkwk… Ane gak sengaja kenapa yah ane gak membuat toko online sendiri yang notabennya menjual berbagai macam barang yang banyak di perjual belikan di Kaskus.

Hmmm… memang benar inilah power  dari The Largest Indonesian Community sangat luar biasa ane rasakan mulai dari belajar apa itu kebersaamaan , belajar bagaimana cara menjual yang baik dan benar, , belajar online marketing, belajar cara memberi pelayanan terbaik pada konsumen dan masih banyak lagi hal yang ane dapet yang tentunya tidak bisa ane sebutkan satu satu di sini.

Dari kaskus lah ane memberanikan mewujudkan impian yang ane dapet di WC tadi yaitu mempunyai TOKO ONLINE TERBESAR DI INDONESIA yang berafiliasikan HOME BASE INDUSTRY. Dan dari WC  itu juga ane dapat nama tokokuka. Agan/Sista dapat cek web ane di www.tokokuka.com

Roda waktu pun terus berputar dan ane sudah sangat siap membuat inovasi inovasi baru yang belum pernah di temukan oleh orang lain. Pada saat ini ane sedang focus pada penguatan koleksi data digital dan penjualan harddisk. Lalu pada tahun yang sama tepatnya di akhir tahun 2012 ane akan  start penjualan baju butik dan kemeja serta jam tangan yang akan ane publikasikan di www.tokokuka.com dan kaskus tercinta juga tentunya.

Ane mempunyai banyak mimpi yang lagi lagi ane dapet dari WC WC dan WC  . Ane selalu bermimpi demi membuat ibu dan ayah ane bangga pada ane  dan bermanfaat bagi orang lain bahwa ane dapat membuat kampung ane “Kampung Pinang” menjadi kampung yang mandiri dan dapat menghasilkan produk sendiri yang di jual pada tokokuka sehingga member manfaat bagi mereka dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan pula tentunya.

Itu lah mimpi terdekat ane mempunyai Toko Online Terbesar Rumahan, dan tentunya ane juga mempunyai mimpi dan cita cita yang ane dapet dari WC lagi  hehe… yaitu mempunyai KukaExpress (Jasa Pengiriman Barang), KukaProperty (Kontraktor dan Konstruksi), KukaBank (Bank Buat Kota ane hehe…) dan KukaFinance (Asuransi dan Kredit pencicilan Rumah, Peralatan Elektronik dan Kendaraan Bermotor dengan bunga rendah).

Sekian ane buat Thread ini tepat tengah malam dengan tersenyum sendiri sambil meneteskan air mata sambil mengingat indahnya senyuman Ibu ane dan membayangkan Impian yang ane raih esok. 

SARAN ANE.........


Quote:
1. Mulailah berwirausaha sejak dini.
2. Modal bukan lah hal utama dalam berwirausaha tetapi yang terpenting adalah niat, kepercayaan doa serta restu orang tua terutama "IBU"
3. Jangan berfikir Negatif sebeluma anda ACTION.
4. Jangan mudah putus asa, hadapilah masalah dengan kepala dingin dan penuh dengan kesabaran.
5. Pengalaman adalah ilmu yang paling berharga untuk kita, maka belajarlah dari pengalaman.





Terimakasih telah membaca artikel sumber-99. untuk membaca artikel lainnya silahkan kunjungi sumber-99. Hanya di sumber-99 anda mendapatkan banyak manfaat. SALAM sumber-99.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar