Senin, 25 Juni 2012

Ini Bedanya Jualan Bensin di Indonesia dan Malaysia

sumber-99- Penjelasan biaya bensin di SPBU

Kuala Lumpur - Ada hal unik yang ditunjukkan Malaysia dalam hal melayani masyarakatnya menikmati bahan bakar minyak yang masih disubsidi.

Bagaimana tidak, secara jelas dan terperinci Malaysia menjelaskan seberapa besar uang yang harus dibayarkan untuk mendapatkan satu liternya.

Seperti untuk bahan bakar dengan Bilangan Oktan 95, di setiap SPBU terlihat berapa harga jual sebenarnya, harga jual yang dilepas ke masyarakat, dan berapa subsidi dan pelepasan cukai yang diberikan Kerajaan Malaysia.

"Di sini memang seperti itu, jadi masyarakat bisa mengetahui secara jelas seberapa besar yang mereka keluarkan," ucap salah satu penjaga SPBU Petronas di Malaysia kepada detikOto.

Dengan subsidi itu, harga bensin setara Pertamax yang di Indonesia dianggap 'barang mahal', di Malaysia justru sebaliknya karena lebih murah.

Untuk RON 95 masyarakat di sana hanya perlu membayarkan 1,90 Ringgit malaysia atau sekitar Rp 5.700, sedangkan untuk RON 97 membayar 2.90 Ringgit Malaysia atau sebesar Rp 8.700.

Di setiap SPBU pengisian bahan bakar, masyarakat bisa melakukan pengisian bahan bakar secara sendiri.

Dimana para pengendara terlebih dahulu membayarkan uang mereka kepada kasir di supermarket mini yang berada di SPBU.

Setelah melakukan transaksi konsumen segera keluar untuk mengisi bahan bakar. Dan secara otomatis mesin pengisian bahan bakar akan berhenti secara otomatis sesuai dengan uang yang dikeluarkan oleh setiap konsumennya. 
sumber


Terimakasih telah membaca artikel sumber-99. untuk membaca artikel lainnya silahkan kunjungi sumber-99. Hanya di sumber-99 anda mendapatkan banyak manfaat. SALAM sumber-99.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar